PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI MANAJERIAL PNS BERBASIS OUTBOUND

Senin, 04 Maret 2019 Government

Oleh blud rsia aceh

Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Nasional No 7 Tahun 2013, merumuskan standar kompetensi manajerial ke dalam 5 kecerdasan inti. Yaitu Kemampuan Berpikir (KB), Mengelola Diri (MD), Mengelola Orang Lain (MO), Mengelola Tugas (MT) dan Mengelola Sosial dan Budaya (SB). Sementara pengertian kompetensi manajerial adalah soft competency yang mencakup aspek pengetahuan, ketrampilan dan sikap sesuai tugas dan/atau fungsi jabatan.

Benar sekali, rutinitas tanpa kreatifitas perlahan dan pasti akan mereduksi nilai luhur kemanusiaan itu sendiri. Lalu melemahkan motivasi kerja dan regulasi menjadi beban harian yang terpaksa dilaksanakan. Konsekwesni logisnya akan membentuk pragmatisme berpikir pegawai yaitu cara berpikir sempit yang berpola pada kepentingan-kepentingan singkat.

Padahal, tentu kita semua tahu, manusia adalah makhluk paripurna yang diberi potensi menyingkap kompleksitas hidup. Sudah semestinya kreatifitas hadir di setiap rutinitas. Agar dapat memicu dan memacu motivasi dan menjadikan regulasi panduan menikmati pekerjaan. Pada akhirnya diharapkan melahirkan kemampuan berpikir holistik dan dinamis.
Ya…seperti yang sudah kita ketahui, disinilah pentingnya outbound. Sebuah proses pembelajaran di alam terbuka yang mengeksplorasi seluruh potensi peserta yang mencakup potensi kognitif, afektif dan psikomotorik. Melalui berbagai permainan, peserta diajak bersinergi untuk menggali dan menghidupkan kembali nilai-nilai luhur kemanusiaan. Menemukan makna sejati (meaningful) melalui simulasi permainan yang dilakukan .

pelatihan outbound lainnya yang mengintensifkan permainan sebagai sarana pembelajaran, maka outbound ini juga memiliki karakter sebagai berikut:

1. Filosofis artinya setiap permainan menstimulasi peserta untuk menemukan makna-makna terdalam yang dibutuhkan dalam kehidupan.
2. Small is beautiful artinya seluruh permainan disesuaikan dengan kondisi fisik dan psikis peserta sehingga meminimalisir resiko.
3. One for all & all for one artinya semua peserta dipastikan dapat bermain dan memiliki keberanian untuk mengeksplorasi daya imajinasi dan kreasi.

Tujuan outbound 1. Meningkatkan kemampuan fokus
2. Menjadi lebih empati
3. Menjalin persahabatan (teamwork) yang lebih bermakna
4. Mengembangkan kreatifitas
5. Memiliki antusias

Narasumber adalah professional outbound bersertifikasi yang memiliki pengalaman 8 tahun lebih memberi pelatihan dengan berbagai organisasi pemerintahan, BUMN, BANK, perusahaan swasta dan lainnya.
1) ZULKHAIDIR.,MA
2) Tim Outbound