Donor Darah Rutin RSIA

Rabu, 13 Februari 2019 Government

Oleh blud rsia aceh

Donor Darah Rutin RSIA

 

 

Donor darah adalah kegiatan atau peroses pengambilan darah dalam volume tertentu dari seorang donor, yang nantinya digunakan untuk transfusi darah bagi merekayang membutuhkan. Sudah tentu, untuk menjadi pendonor, seseorang antara lain harus berbadan sehat,bukan pecandu alkohol, obat-obatan terlarang atau mempunyai riwayat penyakitberbahaya.Seleksi awal, dimulai dengan pencatatn tentang riwayat kesehatan donor, yang kemudian dilanjutkan pemeriksaan tekanan darah dan pengukuran kadar hemogoblin. Pemeriksaan hemogoblin ini bertujuan untuk memeriksa kadar besi dalam tubuh. Dengan pemeriksaan kadar besi yang normal, diharapkan bisa mengantisipasi penurunan kadar besi setelah pengambilan darah. Zat besi adalah salah satu jenis mikro nutrien yang sangat diperlukan oleh tubuh. Di dalam makanan, zat besi terbagi menjadi dua yakni heme yang terdapat pada daging hewan dan nonheme yang terdapat pada tumbuhan. Selain diperlukan untuk membawa oksigen keseluruh tubuh, besi juga membantu menjamin sistem imun yang sehat. Sel untuk melawan infeksi dan mempertahankan tubuh melawan organisme asing, tergantung cadang besi yang cukup.

Karena itu donor darah sangat penting disosialisasikan kepada masyarakat dimana masih kurang akan pemahaman mengenai donor darah di masyarakat luas. Selain itu juga perbandingan antara jumlah permintaan dan persediaan darah yang tidak seimbang merupakan latar belakang utama kegiatan ini. Serta kurangnya perhatian terhadap masalah-masalah sosial yang ada di sekitarnya, terutama yang masalah stok darah, masih rendah. Sehingga dengan hadirnya acara ini, diharapkan mampu mengajak seluruh keluarga besar Rumah Sakit Ibu dan Anak, akan apa yang terjadi di sekitar mereka serta turut mewujudkan apa yang menjadi tujuan diadakannya acara ini yang diantaranya ikut menambah stok darah yang ada di PMI Banda Aceh.

TUJUAN
1. Sebagai wujud pelaksanaan program kerja Rumah Sakit Ibu dan Anak
2. Memenuhi kebutuhan masyarakat akan darah
3. Sosialisasi pentingnya donor darah di kalangan masyarakat
4. Media promosi untuk sponsor terkait.
5. Menambah stok darah yang ada.
6. Mewujudkan semangat kepedulian kepada sesama

TEMA KEGIATAN

Tema Kegiatan Donor Darah 2019 ini adalah “Tuboh Teu Sehat , Amai Pih Na”

PESERTA

Karyawan Rumah Sakit Ibu dan Anak dan Masyarakat umum

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Hari : Rabu
Tanggal : 13 Februari 2018
Pukul : 08.00 s.d. Selesai
Tempat : Lobi Poliklinik Rumah Sakit Ibu dan Anak
Peserta : 90 pendonor

BENTUK KEGIATAN
Donor Darah 2019 “Tuboh Teu Sehat,Amai Pih Na ” merupakan kegiatan yang akan diikuti oleh Karyawan-karyawati Rumah Sakit Ibu dan Anak serta masyarakat umum di Kota Banda Aceh namun tidak menutup kemungkinan masyarakat diluar itu juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Prosedur pelaksanaan donor darah akan dilakukan oleh Unit Transfusi Darah PMI.