Donor Darah Rutin RSIA

Lokasi : RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK JL. PROF. A. MADJID IBRAHIM I NO. 3 BANDA ACEH
Waktu : 18 Feb 2020

Donor Darah Rutin RSIA

 

Dalam rangka Donor darah rutin Rumah Sakit Ibu dan Anak bekerja sama dengan PMI akan melaksanakan donor darah yang akan dilaksanakan pada :

Hari    : Selasa

Tanggal : 18 Februari 2020

Pukul   : 08.00 s/d 12.00

Tempat : Rumah Sakit ibu dan Anak

Bagi yang ingin berpartisipasi silahkan datang langsung ke alamat tersebut diatas, mari kita mendonor darah

 

 

Manfaat Donor Darah
Berikut beberapa manfaat donor darah yang bisa dirasakan jika Anda menyumbangkan darah:

Menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah
Manfaat pertama donor darah ini diyakini membantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Penelitian menunjukkan, bahwa rajin mendonorkan darah mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88%. Tidak hanya itu, dengan mendonorkan darah membuat Anda jarang sakit dan memiliki risiko lebih kecil terkena kanker, stroke, dan serangan jantung. Selain itu, rutin donor darah membuat kadar zat besi dalam darah menjadi stabil.

Meningkatkan produksi sel darah merah
Ketika donor darah, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru guna menggantikan yang hilang. Penggantian sel-sel darah merah memakan waktu beberapa minggu. Hal ini berarti donor darah secara teratur, membuat tubuh menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.

Memperpanjang usia
Berbuat baik dapat membuat seseorang hidup lebih lama. Menurut penelitian, umur orang yang suka menolong dan tidak mementingkan diri sendiri memiliki usia yang lebih panjang sekitar empat tahun.

Mendeteksi penyakit serius
Setiap kali Anda ingin mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah pemeriksaan darah untuk mendeteksi penyakit serius, seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria. Ini adalah informasi penting untuk mengantisipasi adanya penularan penyakit melalui transfusi darah, sekaligus  menjadi peringatan agar Anda lebih perhatian terhadap kondisi kesehatan diri  sendiri.
Manfaat donor darah yang tidak kalah penting yaitu pemeriksaan kesehatan. Hal itu karena perawat akan memeriksa suhu tubuh, tekanan darah, nadi, dan kadar hemoglobin. Setelah donor darah selesai dilakukan, darah Anda akan dikirim ke laboratorium untuk menjalani berbagai tes yang berbeda. Jika ditemukan gangguan dalam darah, Anda pasti akan segera diberitahu.